admin/ April 2, 2018/ Berita/ 0 comments

PARACETAMOL

 

Paracetamol adalah derivat p-aminofenol yang mempunyai sifat antipiretik dan analgesik. Sifat antipiretik disebabkan oleh gugus aminobenzen dan mekanismenya diduga berdasarkan efek sentral. Sifat analgesik paracetamol dapat menghilangkan nyeri ringan smpai sedang.

INDIKASI

Untuk mengatasi rasa nyeri pada sakit kepala, sakit gigi, dan sakit pada otot. Menurunkan demam setelah imunisasi. Parcetamol atau acetaminophen adalah obat penghilang rasa sakit dan demam yang paling banyak digunakan. Kepopuleran terutama disebabkan obat ini memiliki sedikit efek samping dan lebih ringan di perut, berbeda dengan aspirin dan ibuprofen yang dapat menyebabkan iritsi lambung.

Analgesik

Paracetamol bekerja sebagai inhibitor prostaglandin lemah dengan menghalangi produksi prostaglandin, yang merupakan zat kimia yang terlibat dalam proses pengiriman pesan rasa sakit ke otak. Dengan mengurangi jumlah prostaglandin, paracetamol membantu mengurangi rasa sakit.

Antipiretik

Paracetamol adalah antipiretik yang dapat mengurangi demam dengan mempengaruhi bagian otak yang disebut hipotalamus yang mengatur suhu tubuh.

Tubuh menyerap paracetamol dengan cepat. Paracetamol dalam bentuk larutan lebih cepat diserap daripada tablet padat. Efek paracetamol biasanya akan mencapai puncaknya antara setengah jam sampai dua jam setelah konsumsi, dengan efek analgesik berlangsung selama sekitar empat jam. Setelah itu paracetamol akan dikelurkan dari tubuh.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*